Ante Rebic hingga Hariono, 5 Tekel Kungfu di Sepakbola

Berita Bola

Berita BolaAnte Rebic hingga Hariono, 5 Tekel Kungfu di Sepakbola

Ante Rebic, striker AC Milan, membuat tekel ‘kungfu’ saat melawan Juventus. Ada beberapa tekel-tekel serupa, Eric Cantona hingga Hariono pernah melakukannya.

Pada leg kedua semifinal Coppa Italia antara Juventus vs Milan di Allianz-Stadium, Turin, Sabtu (13/6/2020), Rebic dikartu merah karena tekel kerasnya. Bek sayap Juventus, Danilo, menjadi korbannya.

Aksi Rebic bukan yang pertama di sepakbola. Ada beberapa tekel keras yang paling diingat. Dari legenda Manchester United, Eric Cantona, hingga gelandang veteran Bali United, Hariono, pernah melakukannya.

1. Eric Cantona

Pada laga Crystal Palace vs MU, 25 Januari, musim 1994/1995, Cantona melayangkan tendangan kungfu ke arah Matthew Simmon, fan tuan rumah di Selhurst Park. Penyerang Prancis itu kesal karena diejek usai dikartu merah wasit.

Tak cuma menendang kung fu, Cantona juga menghajar sang suporter dengan beberapa pukulan. Imbasnya, Cantona disanksi larangan bermain delapan bulan, termasuk di laga-laga persahabatan, kena sanksi sosial, denda, hingga ancaman penjara di Inggris.

2. Nigel De Jong

Salah satu tekel yang paling diingat adalah aksi Nigel De Jong di final Piala Dunia 2010, ketika Belanda menghadapi Timnas Spanyol. Gelandang bertahan Tim Orange itu menendang dada Xabi Alonso.

Dalam perebutan bola, terjangan De Jong mengarahkan kakinya tepat ke dada gelandang Spanyol. Alonso terkapar, namun De Jong bebas dari sanksi berat, yakni cuma dikartu kuning.

“Itu salah satu tekel terburuk yang pernah saya terima,” kata Alonso usai laga, seperti dilansir Panduan Bermain Judi.

Baca Juga :

Marko Grujic Sudah Jadi, Liverpool Tinggal Pakai

3. Thomas Mueller

Pada pertandingan Liga Champions, penyerang Bayern Munich Thomas Mueller melayangkan tekel keras ke bek Ajax Amsterdam, Nicolas Tagliafico.

Dalam perebutan bola, Mueller malah menerjang kepala bek lawan dengan kakinya. Taglifico pun tersungkur, sementara Mueller langsung diganjar kartu merah. Usai laga, pemain Jerman itu meminta maaf kepada Tagliafico, dan disanksi larangan bermain di dua laga.

4. Hariono

Hariono, yang kini bermain di Bali United, dikenal sebagai gelandang ‘pengangkut air’ di lapangan karena tenaga badaknya. Tekel keras kerap dilayangkannya saat masih berseragam Persib Bandung.

Salah satunya terjadi pada laga melawan Borneo FC di ajang Liga 1 2019. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Hariono menerjang wajah striker tuan rumah, Matias Conti, di kotak penalti. Hariono pun diganjar kartu kuning karena tekel kerasnya.

5. Ante Rebic

Striker Milan, Ante Rebic, diusir wasit di laga Juventus vs Milan di Allianz-Stadium, Turin, Sabtu (13/6/2020) dini hari WIB. Striker Kroasia itu melakukan tekel keras layaknya sedang kung fu.

Di menit ke-16, Rebic terlibat duel udara dengan Danilo. Saat berusaha menerjang bola, kaki Rebic malah mengenai dada bek sayap Juventus tersebut.

Imbasnya, Danilo langsung tersungkur di lapangan. Rebic sendiri dikartu merah langsung oleh wasit, dan harus meninggalkan lapangan permainan. MIlan pun gagal ke final Coppa Italia meski laga berakhir 0-0, karena sebelumnya berimbang 1-1 di San Siro – Kamus Judi.