Cruyff Adalah Guru Besar Guardiola

Bandar Bola
Piala Dunia Eropa

Berita Bola,Kepergian Johan Cruyff untuk selamanya menyisakan duka untuk seluruh insan sepakbola, tak terkecuali Pep Guardiola. Pelatih Bayern Munich tersebut menganggap Cruyff sebagai guru.

Cruyff dikenal sebagai legenda Barcelona, tak hanya sebagai pemain tapi juga pelatih. Sebagai pelatih, sosok berkebangsaan Belanda tersebut total menghadiahi Azulgrana 11 trofi termasuk di kancah domestik dan Eropa.

Guardiola sendiri pernah merasakan tangan dingin Cruyff di enam tahun terakhir sang maestro di Barcelona. Saat itu, dia dan rekan-rekannya seperti diberikan cakrawala baru mengenai cara bermain sepakbola. Hal itu juga yang membuat Guardiola bisa menjadi pelatih sukses seperti sekarang ini.

“Johan memberikan kami informasi soal ‘tata bahasa’ permainan. Saya tidak tahu sama sekali mengenai sepakbola, dan Johan memberikan saya segalanya. Dia membuka dunia yang indah kepada kami,” kata Guardiola, seperti dilansir Soccerway, Sabtu (25/3/2016).

“Jika Anda masuk lapangan usai jeda antar babak setelah bermain buruk, Anda mengan bangkit. Akan tetapi, Johan memberi tahu bahwa Anda buruk karena lami tekanan hebat karena diwajibkaterlalu banyak berlari, Anda mengirim bola tapi justru tidak mengejarnya. Sebelumnya Anda pasti mendengar beberapa isu, tapi Cruyff mengatakan sebaliknya,” jelasnya.