Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018, Argentina Pertama Kali Absen dalam 48 Tahun Terakhir

Berita Bola,  Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018, Argentina Pertama Kali Absen dalam 48 Tahun Terakhir

SEMENJAK Piala Dunia bergulir pada 1930, Argentina empat kali absen di turnamen sepakbola antarnegara paling prestisius itu. Sebut saja pada 1938, 1950, 1954 dan 1970. Namun, hanya di edisi 1970 La Albiceleste –julukan Argentina– gagal tampil karena tampil buruk di kualifikasi.

Sementara di edisi tiga lain, Argentina gagal tampil karena urusan di luar sepakbola, misal terkait kondisi politik seperti pada Piala Dunia 1950. Saat itu Argentina menolak tampil karena Piala Dunia diselenggarakan di Brasil. Saat itu, kondisi politik Brasil-Argentina sedang memanas sehingga mereka memutuskan tidak ambil bagian.

Karena itu, terhitung setelah gagal lolos di Piala Dunia 1970, Argentina selalu melaju ke putaran final. Bahkan di edisi 1978 dan 1986, Argentina yang dimotori Mario Kempes (1978) dan Diego Armando Maradona (1986) keluar sebagai kampiun Piala Dunia Panduan Bermain Judi.

Namun, Argentina berpotensi mengulangi hasil buruk pada 1970, yakni gagal lolos karena bobrok di kualifikasi. Hingga matchday 16 Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan, Lionel Messi dan kawan-kawan tertahan di posisi lima dengan koleksi 24 angka.

Posisi itu belum meloloskan Argentina ke putaran final. Sebab hanya posisi satu hingga empat klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan yang lolos otomatis. Sementara posisi lima harus melewati babak playoff terlebih dulu kontra kampiun Zona Oseania, Selandia Baru.

Pelatih anyar Argentina, Jorge Sampaoli, dalam posisi harap-harap cemas. Juru taktik berkepala plontos itu sedang mencari cara agar Messi bahagia. Ia meyakini jika Messi bahagia, Argentina akan dengan mudah meraih kemenangan.

Di Kualifikasi Piala Dunia ini, Argentina masih akan melakoni dua pertandingan, yakni kontra Venezuela pada Jumat 6 Oktober 2017 pagi WIB dan bertandang ke markas Ekuador, Rabu 11 Oktober 2017 pagi WIB.

{ Baca juga : ” Bukan Klopp, Pelatih Atletico yang Jadi Pilihan Utama Bayern ” }

Messi dan Paulo Dybala jelas diharapkan pencinta sepakbola Argentina agar dapat mengemulasi ketajaman bersama klub ke Timnas Argentina. Saat ini Messi tercatat sebagai top skor Liga Spanyol dengan koleksi 11 gol, sedangkan Dybala mencetak 10 bola di Liga Italia. Jika keduanya tampil moncer, partisipasi beruntun Argentina yang telah berlangsung sejak 1974 terus berlanjut di edisi 2018.