Ke Semifinal, AS Tunggu Pemenang Antara Argentina dan Venezuela

 Ke Semifinal, AS Tunggu Pemenang Antara Argentina dan Venezuela
Ke Semifinal, AS Tunggu Pemenang Antara Argentina dan Venezuela

Berita Bola,Tuan rumah Amerika Serikat belum terhadang di gelaran Copa America Centenario 2016. Terbaru, tim asuhan Jurgen Klinsmann ini melaju ke semifinal usai taklukan Ekuador, 2-1, Jumat (17/6/2016) malam waktu setempat atau Jumat pagi WIB, di CenturyLink Field, Seattle.

Di semifinal AS akan menunggu pemenang laga perempat final lainnya antara Argentina dan Venezuela yang baru bertanding besok malam waktu setempat.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungan AS, tak membuat anak-anak Ekuador gentar. Terbukti mereka mampu menguasai penguasaan bola 57 persen berbanding 43 persen. Namun, Ekuador harus mengakui efektivitas permainan AS.

Para penggawa Paman Sam unggul lebih dulu lewat sundulan salah satu pemain bintangnya, Clint Dempsey, di menit ke-22. Eks pemain Fulham dan Tottenham Hotspur ini menanduk bola yang tidak mampu dihalau Alexander Dominguez usai menerima umpan dari Jermaine Jones.

Di babak kedua atau tepatnya di menit ke-52, kedua tim sama-sama harus bermain dengan 10 orang. Wasit lebih dulu memberi kartu kuning kedua kepada bintang Ekuador, Antonio Valencia, setelah melanggar Alejandro Bedoya.

Wasit Wilmar Roldan asal Kolombia kemudian langsung menghadiahi Jones kartu merah setelah kedapatan memukul pemain Ekuador, Michael Arroyo, saat kedua pemain dari masing-masing tim memprotes tindakan Valencia yang sengaja menendang Bedoya.

Pertandingan kemudian dilanjutkan dan berlangsung lebih menarik dimana dua gol tercipta setelahnya. AS menambah gol lebih dulu di menit ke-65 berkat gol sontekan kaki kanan Gyasi Zardes menyambut umpan datar Dempsey.

Sembilan menit berselang Ekuador memperkecil ketertinggalan lewat tendangan keras dari luar kotak penalti Arroyo setelah menerima umpan tendangan bebas dari Walter Ayovi. Sayang, setelah itu Ekuador tak mampu lagi menambah gol dan AS pun berhak melaju ke semifinal.