Kisah Comeback di Istanbul 2005 yang Menginspirasi Liverpool

Agen Bola
Kisah Comeback di Istanbul 2005 yang Menginspirasi Liverpool

Berita Bola, LIVERPOOL ~  Liverpool berhasil bangkit dan berbalik mengalahkan Borussia Dortmund 4-3. Sukses ini terinspirasi kisah comeback Liverpool di Istanbul pada 2005 silam.

Liverpool menghadapi Dortmund di Anfield untuk melakoni laga perempatfinal leg II Liga Europa. Pada pertandingan sebelumnya, kedua tim berimbang 1-1 di Signal Iduna Park.

Pada awalnya Dortmund menjalani start apik dengan mencetak dua gol di bawah 10 menit lewat Henrikh Mkhitaryan dan Pierre Emerick Aubameyang yang bertahan sampai turun minum. Namun, ketinggalan 0-2 tidak membuat ‘Si Merah’ menyerah.

Perlawanan Liverpool dimulai usai Divock Origi membuat gol balasan di awal babak kedua. Dortmund lantas membuka jarak lagi dengan gol Marco Reus, tapi Liverpool lantas membalas dengan melahirkan tiga gol tambahan dari Philippe Coutinho, Mamadou Sakho, dan gol penentu Dejan Lovren di injury time.Liverpool menang dan lolos ke semifinal Liga Europa dengan aggregat 5-4.

Di saat tertinggal itulah, Klopp mengingatkan para pemainnya akan kisah comeback Liverpool di final Liga Champions saat melawan AC Milan, 11 tahun silam. Ketika itu Liverpool tertinggal 0-3 sebelum akhirnya menyamakan skor dan juara lewat adu penalti.

“Saya bilang kepada para pemain tentang beberapa pemain Liverpool yang sebelumnya yang pernah tertinggal 0-3 di sebuah final dan memenangi Liga Champions. Jadi bahkan dalam situasi yang tampaknya tidak mungkin pun, kalian bisa melakukannya,” ungkap Klopp yang dikutip Telegraph.

“Memang jauh lebih sulit untuk melakukannya daripada mengatakannya. Para pemain memperlihatkan bahwa mereka punya potensi tapi kami tidak perlu membanding-bandingkan pertandingan. Malam ini saja sudah brilian.”

“Ketika kami mencetak gol semua orang bisa melihat sesuatu yang terjadi di stadion. Saya bisa merasakannya, bisa menciumnya. Sangat sering dalam dunia sepakbola bahwa pertandingannya sudah berakhir, tapi tidak di sini. Tidak dengan tim Liverpool. Rasanya hebat bisa menjadi bagian darinya,” lanjut Klopp.

“Saya tahu ini adalah sebuah tempat untuk momen-momen besar sepakbola. Kami tidak memulai kisah ini tapi tahu tanggung jawab kami untuk menuliskan beberapa kisah dalam sepakbola,” imbuh dia.

Liverpool berpeluang menghadapi juara bertahan Sevilla, Villarreal, ataupun Shahkhtar Donetsk. Lawan The Kop selanjutnya akan ditentukan dalam undian yang akan dilakukan hari ini (15/4).