Warga Membludak Tonton Pembukaan Turnamen ISC yang Dihadiri Presiden

Bandar bola

Berita Bola,Antusias masyarakat Papua tak terbendung saat akan menyaksikan pembukaan turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship (ISC) di Stadion Mandala, Jayapura. Pertandingan perdana ini akan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih, Kolonel Infantri Teguh Pudjiraharjo mengatakan, jumlah penonton malam ini sudah mencapai 22.000 lebih. Baik, yang sudah berada di dalam tribun maupun di luar stadion.

“Ini sudah lebih dari kapasitas. Antusiasme warga cukup tinggi,” kata Teguh di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu(30/4/2016).

Pantauan Indowins di lokasi, masyarakat yang ingin menyaksikan langsung pembukaan turnamen panjang pasca pembekuan PSSI cukup antusias. Mereka sudah memenuhi seluruh tribun penonton hingga di luar stadion. Banyak pula yang tertahan di luar stadion.

Menurut Teguh, pihaknya sudah menyiagakan sekira 2.900 personil gabungan dari TNI dan Polri. Mereka semua mengantisipasi dari hal yang tak diinginkan. “Kita sudah turunkan 2.900 personil gabungan,” tukas dia.

Pembukaan pertandingan perdana ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Lalu, hadir pula Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi

Pertandingan perdana ini memang akan digelar agak malam di Papua sekira pukul 22.00 WIT. Hal itu, agar masyarakat di wilayah barat Indonesia bisa mengikuti euforia turnamen panjang pertama pasca pembekuan PSSI.

ISC atau TSC ini merupakan turnamen jangka panjang sebagai pengganti Indonesia Super League (ISL) yang terhenti sejak pembekuan PSSI oleh Pemerintah.

TSC terdiri dari dua bagian, A dan B. TSC A diisi oleh 18 klub yang berasal dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). TSC B dihuni 59 klub Divisi Utama. TSC tidak memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Sebanyak 18 klub peserta TSC 2016 adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Madura United, Persela Lamongan, Gresik United, Arema Cronus, Surabaya United Bhayangkara, Barito Putera, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PS TNI, Perseru Serui, Persipura Jayapura dan Pusamania Borneo.