Johan Cruyff Sempat Hampir Bergabung dengan Leicester City

Bandar Bola

Berita Bola,Leicester City saat ini berada di posisi puncak klasemen Premier League musim 2015-2016. Klub yang pada musim-musim sebelumnya selalu bermasalah dengan zona degradasi ini ternyata memiliki sejarah besar. Seperti diberitakan The Guardian, Jumat (25/3/2016), Leicester City sempat ingin membeli legenda Barcelona, Johan Cruyff.

Ketertarikan Leicester pada Johan Cruyff terjadi pada Januari 1981. Saat itu Cruyff baru saja menyelesaikan kontraknya bersama Washington Diplomats setelah bermain selama satu musim. Di sana dirinya mencetak 12 gol dari total 30 pertandingan.

Leicester ingin mendatangkan Johan Cruyff karena pemain tersebut dinilai mampu membawa klub terhindar dari zona degradasi. Sebagai catatan, saat itu Leicester tengah berada di posisi 22 dan terancam turun kasta pada musim selanjutnya.

Saat itu Jock Wallace mengusulkan nama Cruyff untuk bergabung dengan Leicester. Meski sempat diragukan karena sudah berumur 33 tahun, namun para petinggi Leicester tampaknya setuju dengan usulan Wallace. Para petinggi Leicester saat itu silau dengan kehebatan dan ketenaran Cruyff.

Namun saat itu Leicester tidak sendiri, klub-klub Amerika Serikat sebenarnya juga menginginkan kehadiran Cruyff. Ditambah lagi fakta bahwa Levante dan Arsenal juga tertarik untuk mendatangkan pemain yang menciptakan Total Football tersebut.

Pada 25 Februari, Leicester sempat mengagetkan publik Inggris dengan mengumumkan di media masa mengenai kepindahan Cruyff ke Leicester. Mereka bahkan sudah yakin Cruyff telah menandatangani kontrak seharga 4.000 pounds atau sekira Rp75 juta.

Namun berita tersebut langsung dibantah oleh Cruyff. Ia memutuskan untuk bermain dengan Levante karena dirinya sangat menyukai Spanyol. Pada kesempatan yang sama ia mengakui bahwa ada tiga klub lain yang mendekatinya yakni Arsenal, Leicester, dan sebuah klub Jerman.